5 Manfaat Orangtua Bermain Bersama dengan Anak

  • Whatsapp
5-Manfaat-Orangtua-Bermain-Bersama-dengan-Anak
Foto dari Canva Pro

Pada masa pandemi seperti sekarang ini, anak-anak memang harus menjalani aktivitas belajar di rumah saja. Hal ini menciptakan kejenuhan sebab anak harus melakukan aktivitas diluar rutinitas harian. Bisa juga aktivitas belajar di rumah terasa membosankan tanpa kawan-kawan atau lingkungan sekolah yang menyenangkan hati anak. Guna menghilangkan rasa jenuh anak yang belajar daring terus menerus, orangtua bisa menyempatkan waktu bermain bersama dengan memberikan Lego rumah untuk si kecil yang berusia di atas 5 tahun.

Manfaat orangtua bermain dengan anak di rumah

Lego rumah cocok dijadikan mainan edukatif yang mendukung perkembangan anak sejak usia dini. Bila anak tidak bisa belajar di sekolah, maka Anda harus mendorong perkembangan mereka di rumah. Luangkan waktu Anda selama WFH dengan memperbanyak waktu bermain si kecil. Pasalnya, ada banyak manfaat orangtua bermain bersama dengan anak dibandingkan tidak punya waktu sama sekali. Yuk, simak ulasan singkat berikut ini!

1. Menghilangkan kebosanan

Anak dan orangtua yang bermain bersama bisa menghilangkan kejenuhan atau kebosanan dari tugas-tugas yang ada. Anak bisa terbebas dari stress pekerjaan rumah, sedangkan orangtua bisa menghilangkan tekanan pekerjaan karena deadline yang menumpuk.

2. Membangun kestabilan emosi

Orangtua acap marah-marah pada anak karena tidak mau belajar, melakukan kesalahan sepele dan faktor kejenuhan selama pandemi, maka ajak anak bermain bersama. Hal ini bisa membangun kestabilan emosi anak-anak dan orangtua sehingga suasana hati bisa lebih menyenangkan. Lingkungan di dalam rumah menjadi lebih kondusif sehingga mood Anda dan anak bisa terjaga dengan baik.

3. Bonding time

Pandemi bisa memberikan hikmah bagi Anda yang bekerja di kantor lebih padat agar bisa meluangkan waktu bersama anak. Bonding time ini bisa Anda manfaatkan dengan bermain bersama buah hati tercinta di rumah lewat permainan yang edukatif seperti Lego, ya!

4. Meningkatkan kreativitas anak dan orang tua

Bermain bisa membangun jiwa kreativitas anak sejak usia dini, bahkan orangtua bisa merasakan manfaat yang sama. Anda bisa mengajak anak bermain Lego untuk mendorong kemampuan berpikir analitis, sistematis dan kreatif. Siapa tahu Anda bisa mengalami perubahan konsentrasi dan kreativitas yang tidak terbatas sama seperti anak. Anda bisa memiliki ide jitu atau memecahkan masalah kantor lebih baik lagi setelah ini.

5. Meningkatkan hubungan yang berkualitas

Mungkin hubungan Anda dengan anak kurang dekat karena kesibukan masing-masing selama ini. Coba ajak anak bermain dengan Lego agar hubungan berkualitas menjadi hidup kembali. Anak akan menunjukkan afeksi karena memiliki memori yang indah bersama orangtua tercinta.

Tidak hanya peran ibu saja, tetapi ayah yang sibuk bekerja pun wajib meluangkan waktu bermain bersama buah hati meski hanya sebentar saja. Perkembangan anak yang penuh kasih sayang dari orangtua akan membentuk kepribadian yang lebih penyayang dan bisa memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Dukung perkembangan kepribadian mereka lebih baik dengan melindungi periode emas mereka sejak usia belia, ya!

Kini Anda harus menyusun ulang jadwal dengan membagi waktu bekerja dan bermain bersama anak. Prioritas kegiatan yang bagus akan membuat hubungan orangtua dan anak di rumah tetap baik, bahkan anak-anak akan semakin menghormati dan menyayangi orangtua mereka. Hal ini bisa Anda terapkan kepada semua anak dengan memberikan jenis mainan yang sesuai usia mereka. Berikan Lego rumah untuk anak yang berusia 5 tahun ke atas untuk mendukung kemampuan berpikir kreatif dan keterampilan sosial sekarang juga!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *