5 Tips Kirim Makanan Beku ke Luar Negeri

  • Whatsapp
5-Tips-Kirim-Makanan-Beku-ke-Luar-Negeri
Foto dari Canva Pro

Saat mengirimkan barang atau paket baik ke wilayah dalam maupun luar negeri perlu memperhatikan ongkos kirimnya. Misalnya, ingin mengirim makanan ke Arab Saudi tentu harus cek dulu berapa ongkir ke Arab Saudi untuk masing-masing komoditas. Sebab masing-masing komoditas bisa punya harga ongkir berbeda, termasuk makanan beku. 

Makanan beku merupakan jenis komoditas ekspor yang saat ini memiliki pasar luar negeri yang sangat luas, salah satunya ke wilayah Timur Tengah. Untuk masalah pengemasan tentu saja membutuhkan cara yang khusus agar makanan beku tidak mudah rusak.

Tips Kirim Makanan Beku

Bagi Anda yang memiliki bisnis makanan beku dan ingin melakukan pengiriman ke luar negeri, misalnya Arab Saudi, maka harus tahu bagaimana cara pengemasan yang baik dan benar. Beberapa tips ini mungkin bisa membantu:

1. Pastikan Makanan Tersebut Masih Segar

Saat Anda hendak mengirim makanan ke luar negeri, pastikan dahulu bahwa makanan tersebut dalam kondisi segar. Terutama jika mengirimkan makanan yang sudah dimasak, harus pilih bahan baku segar kemudian mengolahnya dengan benar.

 Selain itu, pastikan untuk memastikan bahwa produk tidak dikemas dalam keadaan panas karena akan membuat makanan tersebut berubah kualitasnya dan kemungkinan rusak saat pengiriman sangat tinggi.

2. Berikan Catatan Tanggal Pembuatan

Tips berikutnya adalah Anda perlu memberikan catatan tanggal pembuatan sebelum membungkus makanan tersebut. Hal ini berguna untuk memberikan informasi kepada pembeli mengenai waktu mengonsumsi makanan yang kamu kirim.

Catatan ini cukup penting agar pembeli tidak memakan makanan tersebut jika sudah melewati batas waktu konsumsinya. Apalagi ongkir ke Arab Saudi tidak bisa dikatakan murah sehingga makanan tersebut tidak terbuang sia-sia.

3. Kemas dalam Keadaan Beku

Sangat penting Anda mengemas makanan tersebut dalam keadaan beku setelah didinginkan dalam suhu ruangan. Masukkan ke dalam kemasan yang tertutup rapat dengan plastik nylon menggunakan metode vacum. Bahan nylon punya keunggulan menjaga keamanan makanan beku selama proses pengiriman.

4. Wajib Packing dengan Baik dan Aman

Untuk pengiriman makanan memang punya risiko tinggi. Oleh sebab itu, Anda perlu mempersiapkan pengemasan dengan baik. Setelah membungkus makanan beku dengan plastik nylon, selanjutnya Anda perlu mengemasnya dengan menggunakan bubble wrap dan box kardus yang kuat. Tambahkan ice gel untuk menjaga suhu makanan selama pengiriman.

5. Gunakan Waktu Pengiriman Tercepat

Untuk pengiriman makanan beku, Anda harus memilih waktu pengiriman tercepat dan ekspedisi terpercaya. Karena makanan memiliki waktu keawetan yang terbatas sehingga butuh kecepatan saat pengirimannya.

Selain itu, pastikan ekspedisinya terpercaya sehingga waktu pengiriman sesuai dan prosesnya juga aman. Saat ini, sudah banyak pilihan ekspedisi atau layanan kirim barang yang dapat Anda pilih. Tambahan lagi, jangan lupa melaporkan pada jasa layanan bahwa paket yang dikirim adalah makanan beku.

Mengirim makanan beku untuk keluarga atau pelanggan yang berada di luar negeri memang riskan, tapi ada trik agar bisa melakukannya. Pilih layanan pengiriman yang terpercaya, aman juga tepat waktu, dan menyediakan ongkir ke Arab Saudi dengan biaya bersahabat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *